-->

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit


Berbicara tentang Kartu Kredit dan Kartu Debit, Keduanya merupakan alat transaksi Non Tunai yang memudahkan kita untuk bertransaksi tanpa harus membawa uang dan menurut saya paling banyak kegunaannya ketika sedang belanja online atau bisnis online.


Keduanya memiliki Kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat kita jadikan bahan pertimbangan sebelum memiliki salah satu dari kedua kartu sakti ini.

Pengertian Kartu Kredit :
Kartu kredit ialah alat transaksi non-tunai yang disediakan pihak bank untuk membayar barang atau jasa yang menerima pembayaran dengan kartu kredit, biasanya menggunakan EDC merchant ( Electronic Data Capture ). Mendapatkan atau membuat Kartu Kredit tidak harus membuka rekening bank, tetapi cukup dengan memenuhi persyaratan dari bank. Kartu Kredit juga dinamakan dengan Kartu Utang karena segala transaksi yang kita gunakan dengan Kartu Kredit akan dibayar di akhir ( Bulan, tahun dsb.) atau biasa disebut dengan Pascabayar.

Kelebihan Kartu Kredit :

  • Anda bisa berbelanja semau anda tanpa khawatir kehabisan uang, karena uang yang ada pada kartu kredit adalah uang dari bank yang nanti akan  dibayar pada saat jatuh temponya.
  • Saat ini kartu kredit adalah kartu transaksi non-tunai yang dapat diterima dimana saja tanpa ada batasan layanan, karena kartu kredit merupakan produk andalan dari bank.
  • Ada penawaran khusus yang biasa disediakan oleh pihak bank.
Kekurangan Kartu Kredit :
  • Adanya suku bunga, karena uang yang kita gunakan pada kartu kredit ialah uang pinjaman dari bank, semakin terlambat anda membayar tagihan maka semakin tinggi denda yang akan anda bayar.
  • Bukan uang milik anda, jadi alangkah baiknya bertransaksi dengan kondisi keuangan, karena apabila kita bertransaksi/berbelanja diluar kemampuan , dikhawatirkan tidak mampu membayar tagihan dan pihak bank akan memberikan pandangan negatif  dan yang lebih buruk-nya lagi ialah nama anda masuk dalam blacklist BI. Walau ada istilah "pembayaran minimal dsb." tetapi perlu diperhatikan bunga-nya pada penagihan seterusnya yang semakin tinggi.

Pengertian Kartu Debit :
Sama halnya dengan kartu kredit ialah alat transaksi non-tunai yang disediakan pihak bank untuk membayar barang atau jasa yang menerima pembayaran dengan kartu kredit, biasanya menggunakan EDC merchant ( Electronic Data Capture ). Cara mendapatkannya ialah dengan membuka rekening bank, persyaratan mebuka rekening di bank tidak terlalu sulit cukup mempunyai Kartu identitas ( KTP/SIM/Pasport) dan uang saldo awal. Kartu debit layaknya kartu isi ulang, karena segala transaksi yang digunakan dengan kartu debit menggunakan uang dari saldo rekening anda, atau biasa disebut dengan sistem Prabayar.

Kelebihan Kartu Debit :

  • Uang langsung dikurangkan dari saldo rekening, jadi, anda dapat berbelanja tanpa harus khawatir terbelit utang atau mengeluarkan uang diatas kesanggupan karena uang yang digunakan berasal dari saldo rekening anda sendiri.
  • Mudah didapatkan, karena untuk mendapatkan kartu debit anda hanya perlu membuka rekening tanpa harus meminta slip gaji, ini itu dsb.
Kekurangan Kartu Debit :
  • Adanya batasan layanan, terkhusus di indonesia hampir semua bank memberikan batasan layanan pada kartu debit, misalnya untuk bertransaksi di luar negeri yang berlogo Mastercard / VISA dsb. terkadang kartu debit kita ditolak, begitu pula untuk memverifikasi Paypal. Karena dari pihak bank sendiri masih merekomendasikan untuk menggunakan Kartu Kredit untuk mendapatkan akses layanan tak terbatas.
  • Tidak dapat berbelanja melampaui dana yang ada. Mungkin anda mampu berbelanja melampaui uang yang ada di saldo, akan tetapi apalah daya jika saldo kita minim, seperti ingin membeli barang tapi uang didompet kurang terus gak ada kenalan yang bisa dipinjam duitnya, kan sedih, hehe.

Bagi anda yang ingin Kartu Debit yang spesial ( tanpa ada batasan layanan ) dan GRATIS, anda bisa membaca



Inilah beberapa informasi mengenai Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit, semoga informasi diatas bisa dijadikan bahan pertimbangan.

0 Response to "Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel